Sabtu, 13 Oktober 2018

Gambaran Umum Manajemen

Gambaran Umum Manajemen
 
 
 
 
Definisi Manajemen
 
Menurut Encyclopedia of the Social Science :
Manajemen adalah suatu proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu  diselenggarakan dan diawasi.

Menurut Manullang :
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dari dua definisi sebelumnya dapat disimpulkan bahwa :

Manajemen adalah proses atau kegiatan yang mengorganisir, mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai tujuan biasanya dilakukan oleh seorang manajer dalam organisasi.
Sumber : Slide petemuan 3

Piramida Organisasi (R. Antoni)

Menurut R. Antoni, manajemen dalam suatu organisasi dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu :
1.    Manajemen Tingkat Atas (Top Management), terdiri dari direktur utama, direktur, dan eksekutif lainnya. Melakukan kegiatan perencanaan strategis, yang mengetahui dampak adanya keputusan mengenai keseluruhan organisasi untuk tahun-tahun yang akan datang.
2.    Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management), terdiri dari kepala divisi (kepala bagian) dan kepala cabang. Melakukan kegiatan pengendalian manajemen, yang bertanggung jawab menjadikan rencana menjadi tindakan dan untuk memastikan tercapainya tujuan organisasi.
3.    Manajemen Tingkat Bawah (Low Management), terdiri dari supervisor, mandor, pimpinan kelompok (leader). Melakukan kegiatan pengendalian operasional, yang bertanggung jawab untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat menengah.

Sumber : slide pertemuan 3


Kegiatan Manajemen
 
1.    Perencanaan strategis = Proses evaluasi lingkungan organisasi, penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi-strategi
2.    Pengendalian manajemen = Proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang telah ditetapkan.
3.    Pengendalian operasional = Proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Sumber : http://catatanimam20.blogspot.com/2012/04/konep-dasar-manajemen-dan-organisasi.html


Manajemen dan Tingkat Informasi
Karakteristik informasi yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen :
1.    Sumber Informasi : eksternal atau internal.
 
 
2.    Lingkup Informasi : Global / Parsial
 
 
3.    Kurun Waktu Informasi : Jangka Panjang / Pendek
 
4.    Kelengkapan Informasi : Hal Pokok / Lengkap
 
 
5.    Kerincian Informasi : Ringkas / Detail
 
 
6.    Kerangka Informasi : Masa Depan / Masa Lalu
 
 
7.    Penyajian Informasi : Sesuai Kebutuhan / Periodik

 
Sumber : slide pertemuan 3

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol
1.     Planning = Perencanaan tujuan perusahaan dan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
2.    Organizing = Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan
3.    Commanding = Fungsi commanding sama dengan mengarahkan (actuating). Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing. Selain itu, commanding dilakukan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
4.    Coordinating = Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi.
5.    Controlling = Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.

Sumber : https://yuharariskiyah.wordpress.com/2013/11/26/405/


Peran Manajerial : Mintzberg
1. Peran antar pribadi
    a. Figurehead (kepala)
    b. Leader (pemimpin)
    c. Liasion (penghubung)
2. Peran informasi
    a. Monitor (pemantau)
    b. Disseminator (pewarta)
    c. Spokesperson (juru bicara)
3. Peran keputusan
    a. Enterpreneur (wirausaha)
    b. Disturbance handler (pemecah masalah)
    c. Resource allocator (pembagi sumber daya)
    d. Negotiator (perunding).
Sumber : slide pertemuan 3

Keahlian Manajer
1.    Keahlian komunikasi, manajer berkomunikasi (menerima dan mengirimkan informasi) dengan bawahan, atasan, manajer lain, dan orang-orang di luar perusahaan, dalam bentuk lisan (laporan, surat, memo, e-mail, dan terbitan berkala) maupun tertulis (komunikasi saat rapat, penggunaan telepon, meninjau fasilitas, dan berbagai kegiatan sosial).
2.    Keahlian pemecahan masalah, manajer memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Sumber : Slide pertemuan 3

0 komentar:

Posting Komentar