Selasa, 11 Desember 2018

E-Commerce


 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)

Hasil gambar untuk ecommerce 


PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Dalam definisi luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer,  dan antarmuka (interface) sebuah browser. Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).

E-Commerce di luar batas perusahaan
E-commerce bisnis-ke-bisnis-konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk; e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-in-bussiness-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. 

Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
1. Perbaikan layanan sebelum,  selama,  dan setelah penjualan
2. Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan.
3. Peningkatan imbal hasil ekonomi satau pemegang saham dan investasi pemiliki

Kendala-Kendala E-Commerce
1. Biaya Tinggi
2. Kekhawatiran akan masalah keamanan
3. Peranti lunak yang belum mapan

Ruang Lingkup E-Commerce
E-Commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
E-Commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan presentasi dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen – segmen tersebut.

Jalan Menuju E-Commerce
Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.  Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence)  sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami perananan potensia yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan. Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.

INTELEGANSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business  intelligence-B1)  adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

Basis Data Eksternal
LEXIS-NEXIS
DIALOG
Dowjones.com
Global eXchange Services
Reuters

Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat disitus-situs Web tersebut.

STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem interorganisasional (interorganizational system-IOS) adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dpergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange (pertukaran data elektronik). Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu system interorganisasional.

SISTEM INTERORGANISASIONAL
E-commerce merupakan hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksimaya,  dengan sedikit kemampuan yang dipergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem interorganisasion. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.

Manfaat IOS
Efesiensi Komparatif
Kekuatan Penawaran

EDI
EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif IOS lainnya

Ekstranet (extranets)
Ekstranet adalah cara lain dari membuat suatu IOS.Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet

Sekutu-Sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS

Pengaruh Penerpan
1. Tekanan Kompetitif
2. Penggunaan Kekuasaan
3. Kebutuhan Internal
4. Dukungan Manajeman Puncak


0 komentar:

Posting Komentar