Rabu, 25 Oktober 2017

Tugas Pertemuan 6



asslamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh hari ini saya kembali memposting tugas yang dikasuh hari ini dan deadline mempost pada hari ini juga. berikut soal dan jawaban saya berkaitan dengan tugas tersebut. 

1.    Jelaskan secara singkat sejarah jaringan computer ?
2. Program apa yang menjadi populer dan digunakan hingga saat ini pada riset APRANET, mengapa, coba jelaskan …?
3.    Jelaskan keterkaitan anatara jaringan computer dengan internet?
4.    Berikan masing-masing contoh jaringan berdasarkan klasifikasinya dalam dunia nyata
Jawaban
1.    Sejarah Jaringan Komputer
Jaringan computer mulai dikembangkan oleh DAPRA sebuah lembaga riset
Sejarah Internet
Untuk keperluan Militer -> pendidikan -> bisnis, pemerintahan dan berbagai bidang
1969 : APRANET dimulai
1984 : APRANET (1000 User)
1986 : NSF + APRANET , Internet mulai berkembang
1996 : Internet berkembang pesat hingga saat ini mencapai 550 Juta User
2. Programnya mendirikan Intenet dan E-mail, karena hingga saat ini E-mail adalah salah satu media untuk berkomunikasi dan bertukar Informasi serta data jarak Jauh dan pengiriman  E-mail dan pencarian data membutuhkan Teknologi yang disebut Internet
3.    Keterkaitan jaringan Komputer dengan Internet adalah kaitannya dengan pengiriman Informasi dan pertukaran data dengan adanya Internet pengiriman data tidak terbatas dengan Jarak atau letak geografis, dan pengiriman data bisa dilakukan secara cepat, sedangkan kalau Jaringan Komputer tidak memiliki akses Internet pengiriman data terbatas oleh Jarak atau letak geografis dan kemungkinan bila pengiriman data tidakmelalui akses Internet akan terjadi collision atau tabrakan data.
4.    Klasifikasi Jaringan Berdasarkan letak geografisnya
-       LAN (Local area Network) Jaringan yang hanya bisa mencakup jarak yang Kecil hanya Sebatas Gedung, Rumah, dan warnet. Jaringan model ini biasa dimplementasikan padaWarnet (Warung Internet)
-          MAN (Metropolitan Area Network) Jaringan yang mencakup letak geografis yang lebih besar dari Jaringan LAN cakupan jaringan MAN ini adalah antara kota, kabupaten. Jaringan model ini biasanya dipakai bank yang sudah mempunyai cabang diberbagai kota sehingga antara bank cabang dan pusat bisa langsung mengirimkan data.
-          WAN (Wide Area Network) Jaringan yang mencakup letak yang sangat luas mencakup antara Negara dan Benua.Contoh Jaringan WAN ini adalah Internet jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global.

Terimaksih semoga bermanfaat postingan hari ini. 

0 komentar:

Posting Komentar