Rabu, 24 Oktober 2018

KONSEP BASIS DATA DALAM SISTEM INFORMASI




Pengertian Basis Data
  1. Basis : Dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. 
  2. Data : Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. 
  3. Basis Data : Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan) yang disimpan dalam media penyimpanan eletronik, atau koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu enterprise (dunia usaha).
Hirarki Basis Data


  1. Database Adalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh atau Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan) yang disimpan dalam media penyimpanan eletronik, atau koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu enterprise (dunia usaha). 
  2. Berkas / File / Table adalah kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang atribut / field sama, namun berbeda isi datanya. 
  3. Rekaman / Record / Baris adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. 
  4. Elemen Data / Field / Atribut adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.
Sistem Basis Data

Sistem basis data dapat diartikan sebagai kumpulan file/table yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data disebuah sistem komputer), dan sekumpulan program (DBMS / Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pemakai), dan /atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut

Komponen yang Terdapat di Sistem BasisData

  1. Hardware (Perangkat Keras) 
  2. Operating System (Sistem Operasi) 
  3. Database (Basis Data) 
  4. Sistem (aplikasi / perangkat lunak) pengelola basis data (DBMS) 
  5. User (Pemakai) 
  6. Aplikasi (perangkata lunak) lain (bersifat Opsional)
Pemakai atau User Basis Data

  1. programmer adalah pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui DML, yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk. 
  2. user mahir adalah pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program. mereka menyatakan query, dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS. 
  3. user umum adalah pemakai yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen, yang telah ditulis / disediakan sebelumnya. 
  4. user khusus adalah pemakai menulis aplikasi basis data non konvesional untuk keperluan khusus.
Database Management System


DBMS adalah koleksi terpadu dari program - program (sistem perangkat lunak) yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengaksesdan merawat database (basis data). Tujuannya adalah menyediakan lingkungan yang mudah dan aman untuk penggunaan dan perawatan database. Contoh daripada DBMS adalah Ms - Access, MS Sql Server dan Oracle

0 komentar:

Posting Komentar