Kamis, 05 Oktober 2017

Makalah Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi







Kelompok 2

Ketua             : Muhammad Iqbal Awaluddin ( 2017330015 )
Anggota         : Aditya Nur Rizqi ( 2017330036 )
                        Nurdini Purwanti ( 2017330012 )





Program Studi Manajemen Informatika
STMIK Bina Insani
Bekasi
2017


Soal dan Jawaban

A.  Soal
1.  Cari informasi tentang perangkat atau komponen – komponen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), contoh – contoh hadware, software, dan brainware.
2.    Perbedaan perangkat – perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari zaman ke zaman dan dampak  perkembangan dari Teknologi Informansi dan komunikasi.

B.  Jawaban
1.    Komponen atau Perangkat Utama Tekonologi Informasi dan Komunikasi adalah Komputer adapun komponen komputer terdiri dari sebagai berikut :
a.    Hardware (perangkat keras) adalah alat yang secara fisik dapat dilihat dengan kasat mata dan dapat di sentuh oleh tangan manusia. Fungsi utama hardware adalah menjalankan sekumpulan perintah atau instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi. Secara umum hardware terdiri dari :
-       Alat input : berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data / perintah ke dalam komputer. Contoh : mouse, keyboard, scanner, microphone, joystick, webcam, touch pad, barcode, dan lain – lain.
         

       
                  



Gambar alat input
-       Alat proses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input. Contohnya processor, ALU (Arithmatic and Logical Unit), CU (Control Unit), RAM (Random Access Memory), dan lain – lain.

                                                                                              

                          
Gambar alat proses

-       Alat output adalah Alat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan. Contohnya monitor, printer, speaker, LCD Proyektor, dan lain – lain.


Gambar alat output
-       Media Penyimpanan adalah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat / media untuk menyimpan data dan program dimana data / program yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop.

Media Penyimpanan Komputer tersebut mempunyai berbagai macam media nya, tetapi dalam komputer alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data saja yaitu sebagai berikut :

·      Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media). Contohnya Hardisk, flashdisk, MMC (memory card), dan lain – lain.
·      Media Penyimpanan Optical (Optical Disk). Contohnya CD, CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD, dan lain – lain.
·      Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage) Cloud Storage atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet.
b.    Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.

Macam – macam software komputer antara lain adalah :
-       OS (Operating System) adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Contoh Operating System : Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Ubuntu, Debian, Redhat, Kali Linux, dan lain – lain.



Gambar Operating System (OS)

-       Bahasa Pemrograman adalah adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program itu sendiri. Bahasa Pemrograman merupakan suatu program yang berbentuk assambler compiler atau interpreter. Ada banyak bahasa pemrograman contohnya Bahasa ASP, C, C++, Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP, JAVA, Delphi dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan harus menggunakan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.


Gambar Software Bahasa Pemrograman

-       Program Aplikasi adalah  suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Program Aplikasi dibedakan dalam beberapa jenis aplikasi antara lain sebagai berikut :
·      Pengolah kata (word processor), contohnya : Ms. Word, Word pad, Word Perfect, abi word, dan lain-lain


Gambar Aplikasi Pengolah Kata
·      Pengolah angka (spread sheet), contohnya : Exel, Lotus, Quattro pro


Gambar Aplikasi Pengolah Angka
·      Pengolah data (database), contohnya : Ms. Access, Dbase, Foxpro


   
Gambar aplikasi Pengolah database

·      Pengolah citra (drawing, contohnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.

 


      
Gambar aplikasi pengolah citra


-       Program Utility Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Berikut adalah contoh dari program Utility :
·      AVAST Antivirus
·      Windows Media Player
·      Winamp
·      FLV Player
-       Device Driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play).
-       Perangkat Menetap (Firmware) adalah istilah yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam ROM.
c.    Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer. Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainware ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:
-       Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
-       Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
-       Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.

2.    Perbedaan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi dari jaman ke jaman
a.    Masa Prasejarah
-       Pada masa 3000 M
Bangsa Sumeria yang pertama kali menggunakan tulisan dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol-simbol ini juga mempunyai bentuk penyebutan, sehingga mampu menjadi sebuah kata,kalimat dan bahasa
-       2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno
Hierogliph adalah bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda-beda. Saat symbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu kalimat, maka akan memiliki cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
-       500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas.
disekitar sungai Nil banyak ditumbuhi oleh pohon papyrus. Dari serat pohon papyrus ini, mereka kemudian membentuk serat ini menjadi sebuah kertas yang dapat dijadikan sebagai media untuk menulis ataupun media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
-       105 M Bangsa Cina menemukan kertas
Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.




b.    Masa Modern (1400-AN M Sampai dengan Sekarang)
-       Tahun 1830
Augusta Lady Byron pertama kalinya menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage. mereka menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, mesin ini muncul 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
-       Tahun 1873
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu untuk dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya
-       Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar besar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Pada zaman dahulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
-       Tahun 1876
Pada zaman ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan decimal
-       Tahun 1877
·      Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan perangkat telepon yang digunakan pertama kali secara umum
·      Edward Maybridge menemukan Fotografi dengan kecepatan tinggi
-       Tahun 1899
Menggunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital.
-       Tahun 1923
Zvorkyn pada zaman ini menciptakan tabung TV yang pertama.
-       Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
-       Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Pada zaman ini penggunaan hypertext telah berkembang seiring dengan perkembangan desain website.
-       Tahun 1946
Pada zaman ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I mulai dikembangkan walaupun belum begitu banyak pengguna tetapi teknologi komputer sudah digunakan pada instansi-instansi tertentu.
-       Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
-       Tahun 1957
·      Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini dapat mengembangkan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
·      USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang pertahanan atau militer.
-       Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan sebuah program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks. E-mail banyak disebut sebagai surat elektronik.
-       Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan istilah TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya: DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway.
-       Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone
Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi :
-       Dampak positif :
·      Mempercepat arus komunikasi karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang akurat dan tidak tepat.
·      Mempermudah akses informasi terbaru dan bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.
·      Media social  dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu. Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis.
·      Membantu dalam mencari informasi, dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan
·      media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini
·      Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh
·      Sharing dan berbagi file
·      Memiliki banyak dampak positif dalam dunia pendidikan
·      Membantu menyelesaikan masalah dengan mudah.komunikasi yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah anda
-       Dampak negative :
·      Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
·      Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
·      Cyber Bullying
·      Konten negative yang berkembang pesat
·      Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
·      Menjauhkan yang dekat
·      Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
·      Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
·      Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang








Sumber

1.    Sumber : http://www.ribut.info/306/sejarah-perkembangan-dunia-teknologi-informasi-dan-komunikasi ; Bekasi, 28 September 2017; Pukul : 18.10 WIB.
3.    Sumber : http://bk13009.blogspot.co.id/2015/01/komponen-dan-karakter-tik_3.html ; Bekasi, 27 September 2017; Pukul : 21.19 WIB.
4.    Sumber : https://riojuly.wordpress.com/2014/10/29/jenis-jenis-alat-input-output-dan-proses/ ; Bekasi, 27 September 2017; Pukul : 21.37 WIB.
5.    Sumber : http://www.begal-tech.com/2015/04/media-penyimpanan-data-komputer.html ; Bekasi, 27 September 2017; Pukul : 22.14 WIB.
6.    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak ; Bekasi, 27 September 2017; Pukul : 22.25 WIB.
7.    Sumber : https://tekno-hp.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-dan-macam-macam-software.html ; Bekasi, 28 September 2017; Pukul : 19.25 WIB.
8.    Sumber : https://www.academia.edu/10005566/Jenis-jenis_Software_beserta_Contoh_dan_Penjelasannya?auto=download ; Bekasi, 28 September 2017; Pukul : 19.25 WIB.
9.    Sumber : http://www.pengertianku.net/2015/02/pengertian-brainware-dan-contohnya-lengkap.html ; Bekasi, 28 September 2017; Pukul : 19.25 WIB.




0 komentar:

Posting Komentar